Tanya jawab mengenai COVID-19

Silahkan mengisi Formulir Tanya Jawab di bawah ini.

Pertanyaan dan jawaban anda akan dimoderasi oleh admin website, sehingga data dan jawaban atas pertanyaan anda tidak akan muncul otomatis.


Kolom Jawaban

Generic placeholder image
budi setiawan
ijin bertanya admin.. perbedaan ODP dengan Pelaku perjalanan dari daerah terpapar itu apa ya.. mohon pencerahan ny admin... krna saya liat di websaid provinsi pun tidak ad.. terimakasih admin ????
Generic placeholder image
admin

Pelaku Perjalanan adalah seseorang yang pulang dari melakukan perjalanan atau tinggal di Luar negeri / daerah di Indonesia  yang telah terjangkit / transmisi lokal.

ODP ( Orang dalam pemantauan) adalah 1. Seseorang yang mengalami demam (> 38 derajat celsius)) atau riwayat demam; atau gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek / sakit tenggorokan / batuk DAN tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara / wilayah yang melaporkan transmisi lokal. 2. Orang yang mengalami gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/Batuk DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi COVID-19.

Pelaku Perjalanan kita catat apabila nanti ditemukan adanya yg terkonfirmasi positi C0VID-19, kita tidak kesulitan dalam contact tracing (penelusuran kontak). Propinsi tidak ada karena yng melakukan contact tracing di Kabupaten.

Terima kasih. Salam Sehat

Generic placeholder image
Budi
Bagaimana cara membedakan covid-19 dengan flu biasa, Mungkin bagi org awam itu sama saja gejala ny dengan flu biasa
Generic placeholder image
admin

Sulit untuk membedakan antara CoVid-19 dengan gejala Flu biasa, harus melalui uji laboratorium RT-PCR (real Time Polymerase chain Reaction).

Namun kita bisa menduga kearah Covid-19, apabila :

1. dalam satu bulan terakhir ada melakukan perjalanan dari daerah transmisi lokal baik tinggal sementara atau menginap. daerah transmisi lokal seperti Banjarmasin, Batola, dari Jakarta, surabaya, makasar, Gowa dll.

2. Pernah kontak dengan orang yang dinyatakan konfirmasi positif Covid-19 dari hasil laboratorium. bisa satu rumah, satu temapat ibadah, satu mobil, satu ruangan.

Generic placeholder image
Yulinda
Min mau tanya, kalau kita udah isolasi mandiri di rumah slma 14 hr (pulang dr jawa), apakah bisa ikut tes swab atau pcr?
Generic placeholder image
admin

Kalau dalam 14 hari dalam masa isolasi mandiri tidak timbul gejala, demam, batuk, pilek, sesak napas maka tidak perlu ikut test swab atau PCR.

Generic placeholder image
Anton
Mun handak tes rapid, bayarlah min?
Generic placeholder image
admin

gratis di puskesmas dengan membawa KTP

Generic placeholder image
Muhammad
Apakah ada tempat atau fasilitas khusus untuk masyarakat yang ingin Memeriksakan diri atau melakukan rapid tes dan apakah itu berbayar Terimakasih admin
Generic placeholder image
admin

Selama statusnya adalah pelaku perjalanan atau pernah kontak dengan kasus konfirmasi positif Covid-19 bisa melakukan rapid test di Puskesmas terdekat dan gratis 

Generic placeholder image
Husni
Maaf numpang tanya min...beberapa waktu lalu kami 1 keluarga diswab..lantaran ibu kami dinyatakan positif oleh pihak rumah sakit,,dan kami diambil sampel swab/pcr,,dan siang tdi bapak kami dinyatakan positif corona,,oleh pihak puskesmas..akan tetapi yg mengganjal dihati kami..knpa tidak ada surat keterangan dari lab hitam diatas putihnya..bahwa bapak kami memang positif..kami tanya pihak puskesmas katanya bukan wewenang pihak puskesmas..dan kami ingin dilakukan swab untuk kedua kalinya...sedangkan hasil swab pertama kami tidak menerima selembaran kertas pernyataan dari lab itu sendiri...
Generic placeholder image
admin

Dengan banyaknya sampel swab, Dinas Kesehatan Kab. Tanah Laut atau Fasus ex Boejasin, tidak bisa memberikan surat keterangan hasil lab. satu persatu, sebab hasil lab. Yang dikeluarkan dari Dinas Kesehatan Prov. Kal-sel atau BBTKL Banjarbaru dalam bentuk kolektif.  Kalau mau tahu hasil lab. orang tua saudara, bisa menghubingi Dinas Kesehatan Kab. Tanah Laut atau Fasus ex. Boejasin. Demikian disampaikan, atar perhatiannya diucapkan terima kasih.

Generic placeholder image
Didik
Min..apakah kalau sudah rapid test dan dinyatakan reaktif,harus di SWAB setelah 6 hari di Puskesmas??apakah rapid test&swab di Puskesmas itu gratis, Karena rapid test di klinik biayanya sangat" mahal dan memberatkan masyarakat,,,terima kasih
Generic placeholder image
admin

Terima kasih atas perhatiannya... Kalau Hasil Rapid test dinyatakan reaktif, maka harus ditindaklanjuti dengan pemeriksaan Swab untuk memastikan apakah terinfeksi Covid-19 atau bukan. Kalau waktunya tidak harus setelah 6 hari, tapi tergantung jadwal puskesmas dalam pengambilan swab. Untuk keperluan SKRINING (penapisan), TRACKING (pelacakan) yang diduga tertular covid-19, maka Rapid test dan swab  di PUSKESMAS  diberikan secara Gratis. Tapi untuk surat keterangan sehat guna keperluan perjalanan misalnya naik pesawat terbang, maka Rapid test dan swab di Puskesmas untuk SEMENTARA tidak bisa diberikan, harus ke RS/klinik swasta. karena masih menunggu dasar hukumnya.

Generic placeholder image
Agus Pndatang
Pendatang dari jawa tengah ke kintap pelaporan dan isolasi dimana?
Generic placeholder image
admin

Lapor ke Puskesmas Terdekat dan Isolasi mandiri di rumah. Terima kasih

Generic placeholder image
Priskila theofani
Mau tanya, dipelaihari dimana sajakah tempat yang menerima rapid tes untuk perjalanan dan berapa biayanya ?
Generic placeholder image
admin

Di Puskesmas Angsau Rp. 390 ribu, di Klinik Amariz dan di RS Borneo Citra Medika sekitar Rp. 400 ribu

Generic placeholder image
Ais Khairani
Sampai bulan berapakah puskesmas di kecamatan menyediakan uji swab?
Generic placeholder image
admin

Sampai selesai Pendemi Covid-19 atau Intruksi untuk selesai pelaksanaan Swab.

Generic placeholder image
Badru Zaman Habibi
Assalamualaikum, bapak/ibu semisal mau isolasi di rs rujukan covid itu prosedurnya gimna ? Terimakasih
Generic placeholder image
admin

Yang bisa dirawat di RS Rujukan covid-19 adalah pasien dengan gejala sedang dan berat. sedangkan tanpa dan gejala ringan di fasyansus ex RS lama.

Prosedurnya : Pasien/keluarga pasien menghubungi puskesmas/petugas kesehatan terdekat.... dari Puskesmas / Petugas kesehatan akan menghubungi coll center IGD Rumah Sakit. dari IGD Rumah Sakit  akan menanyakan keadaan umum pasien ke Puskesmas/petugas kesehatan... Bila masuk indikasi dirujuk akan dipersilahkan dirujuk dan disiapkan ruangan. trm ksh

Generic placeholder image
Ridwan Prasetya Utomo
Ijin bertanya min, Kapan Vaksin dosis pertama akan diadakan lagi dipuskesmas jorong ?
Generic placeholder image
admin

Yang membuat jadwal dari puskesmas jorong. Silahkan Hubungi Puskesmas Jorong, kl blm ada silahkan Daftar dulu di Puskesmas Jorong bila akan ada vaksinasi minta dihubungi. di Kabupaten ada stok yang siap vaksin covid-19 MODERNA.

Generic placeholder image
Adha
Izin bertanya, beberapa penderita covid-19 baik saat dirawat atau setelah dirawat kebanayakan pucat, apakah ada kaitan dengan kekurangan sel darah merah. bagaimana perjalanan penyakitnya? terimakasih
Generic placeholder image
admin

Trm ksh. Hampir semua penyakit setelah dirawat di RS maupun di Rumah akan nampak Pucat. karena kurang nya nafsu makan termasuk makan sayuran dan buah. akan pulih beberapa hari setelah nafsu makan kembali normal. Untuk perjalanan penyakit Covid-19 pada tahap awal akan didahului gejala deman, batuk, bisa diserta pilek, sakit kepala, mual, nyeri perut, hilang penciuman, apabila berlanjut akan disertai sesak napas atao hipoksia (kekurangan kadar oksigen di dalam darah). bila kadar orsigen dlm darah kurang dari 90 maka segera dibawa ke RS utk penanaganan lebih lanjut. Sebaiknya bila menderita gejala awal segera ke fasilitas kesehatan terdekat. Jangan takut utk di swab atao didiagnosa Covid-19 agar ditangai petugas kesehatan lebih awal shg tidak bertambah parah. SALAM SEHAT. PATUHI PROTOKOL KESEHATAN

Generic placeholder image
Rudy hartono
Berbayarkah swab hanya untuk mengetahui hasil swab aja bukan untuk perjalanan
Generic placeholder image
admin

Terimakasih perhatiaannya...Swab digunakan untuk Testing, tracing dan treatment. Swab atas permenitaan sendiri dikenakan biaya. trm ksh

Generic placeholder image
Rusmadi
Bisakah vaksin di puskesmas/ rumah sakit pada hari hari biasa. Tanpa menunggu jadwal vaksin masal?
Generic placeholder image
admin

Terima kasih atas perhatiannya. Jadwal utk vaksinasi di RS hari Selasa dan Hari Kamis. Jadwal di Puskesmas  bisa menghubungi puskesmas terdekat. Jadwal Vaksinasi di Sentra Vaksinasi ex. RS Lama, setiap hari. Silahkan  kunjungi utk vaksinasi. Ajak saudara, teman, tetangga yg belum bevaksin, umtuk mengikuti vaksinasi.

Generic placeholder image
Togi butarbutar
Untuk vaksin booster apakah sdh tersedia ?
Generic placeholder image
admin

Sudah... silahkan menghubungi puskesmas terdekat. atau datang langsung ke Sentra Vaksinasi di ex. RS lama. Trm ksh

PERTANYAAN YANG SERING DI TANYAKAN

Novel coronavirus (2019-nCoV) adalah jenis baru coronavirus yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia menyebabkan penyakit mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernapasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Pada 11 Februari 2020, World Health Organization (WHO) mengumumkan nama penyakit yang disebabkan 2019-nCov, yaitu Coronavirus Disease (COVID-19).